MASA DEPAN PENDIDIKAN



                   
Jika membahas pendidikan maka tidak akan pernah ada habisnya. Karena pendidikan merupakan suatu upaya untuk memberikan pelatihan, pengenalan, dan pembelajaranbagi peserta didik. Masa depan pendidikan sangat ditentukan oleh para guru. Sehingga pendidikan itu membutuhkan cara pengajaran yang baik dan juga guru profesionala untuk memajukan pendidikan yang lebih baik lagi.

Dalam hal ini, khususnya untuk masa depan pendidikan saya memiliki beberapa tanggapan. Setelah membaca koran Suara Merdeka edisi Sabtu 20 Juni 2015 terdapat salah satu judul yaitu Tingkatan Proses Pembelajaran untuk Siapkan Lulusan Kompetetif. Peningkatan kualitas proses pembelajaran merupakan sebuah cara yang efektif untuk menyiapkan lulusan yang kompetitif. Mutu sekolah juga sangat bergantung pada kualitas guru yang mengedepankan cara pembelajaran baik sehingga mudah untuk di pahami.

Keprofesionalan merupakan praktik yang baik dalam pembelajaranini sehingga meningkatkan kualitas pendidikan. Pentingnya pendidikan untuk masa depan adalah untuk mensejahterakan kehidupan bangsa, memajukan negara Indonesia, mampu bersaing dengan negara lain, dan dan mampu bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pada Masyarakat Ekonomi ASEAN tenaga pendidik tidak hanya dari dalam negri tetapi juga didatangkan dari luar negri. Oleh karena itu, pendidikan sangatlah penting untuk masa depan.

Adapun program-program yang dicanangkan oleh pemerintah seperti SBSNP adalah Program Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu PEndidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (PPMP BPSDMPK dan PMP Kemdikbud) untuk meningkat kan layanan pendidikan yang berkualitas. Pelatihan ini merupakan bagian dari program penjamin mutu pendidikan agar mutu sekolah mencapai standar nasional pendidikan.

Pelatihan pembelajaran peserta difasilitasi untuk mempraktikkan pengembangan keterampilan informasi dalam pembelajaraan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS), dan Bahasa Indonesia. Selain itu, terdapat suatu kegiatan membaca ekstensif dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan pembelajaran Matematika dalam kehidupan. Setiap sekolah diwajibkan untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan kurikulum yang ada. Pemerintah juga harus memperdulikan sarana prasarana.

Sarana yang baik dan mendukung mempengaruhi kegiatan belajar mengajar secara efisien dan kompetitif. Sehingga menghasilkan cara belajar yang diinginkan. Guru yang profesional dan menguasai materi sangatlah diperlukan untuk menciptakan anak didik yang cerdas dan pandai. Karaktek serta sikap harus selalu diterapkan kepada anak didik. Jadi, ketika lulus nanti tidak hanya ilmu yang didapatkan tetapi juga karakter dan sikap yang baik juga dimiliki.

Pendidikan bukan hanya di sekolah saja (formal) tetapi pendidikan di luar sekolah (informal) juga diperlukan, seperti kursus, bimbel dan lain sebagainya. Orang tua juga harus mengambil andil dalam memberikan pendidikan karena pendidikan yang paling utama adalah keluarga dan orang terdekat. Sekolah hanya untuk proses pembelajaran materi bukan sikap ataupun karakter. Walaupun itu ada tidak selengkap di keluarga.

Masa depan pendidikan sangat dipengaruhi oleh anak muda sekarang karena penerus dari bangsa ini adalah mereka anak-anak muda. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) contohnya. Menurut saya PAUD harus dikembangkan keberadaaannya dan peserta didiknya harus benar-benar dididik dengan baik karena mereka adalah aset yang berharga. Masa anak-anak di bawah 6 tahun merupakan investasi paling penting perkembangannya.

Banyak sekali PAUD yang mendapat Biaya Operasional PAUD(BOP), namun kita tidak sekadar mendorong pembangunan fisik semta. Kita juga harus melakukan kegiatan diklat berjenjang bagi pendidikan dan tenaga pendidikan, serta teru melakukan senergi dengan pemerintah.

Pendidikan sangatlah penting untuk masa menunjang masa depan terutama pada zaman swkarang ini. Ilmu pengetahuan dan juga teknologi semakin berkembang. Jika kita tidak mempelajari IPTEK maka akan sulit mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Karena hampir semua pekerjaan berkaitan dengan teknologi.

Pendidikan di Indonesia perlu dibenahi agar semakin baik untuk kedepannya. Karena dengan pendidikan yang baik akan mampu mengubah negri ini menjadi baik dan sejahtera. Dalam kehidupan yang sebenarnya ada yang tidak mendapatkan pendidikan tetapi bisa menjadi orang sukses, akan tetapi alangkah baiknya jika kesuksesan itu ditunjang dengan pendidikan yang sudah didapat.

Jika Indonesia dapat memperbaiki permasalahan dalam dunia pendidikan. Bukan hal yang mustahil Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi dan dapat di sejajarkan dengan negara-negara maju, terutama dalam bidang pendidikannya, dan mampu menciptakan sumberdaya manusia yang lebih baik lagi dan hal itu akan menjadikan Indonesia makmur dan sejahtera bagi rakyatnya.

Adapun ciri-ciri Masa Depan Pendidikan untuk mengikuti perkembangan zaman dengan baik yaitu:
1. Menekan kan pada pengembangan pengetahuan
2. Penguasaan materi dan juga mengembangkan karakter peserta didik untuk lebih aktif                     dalam belajar
3. Guru sebagai fasilitator, evaluasi yang dilakukan bersama peserta didik
4. Pemanfaatan dari berbagai sumber belajar yang ada
5. Penekanan pada pencapaian target kompetensi dan keterampilan.





SOLUSI: Pemerintah harus lebih memperhatikan pendidikan di Indonesia,                 mulai sarana belajar, tenaga pengajar yang ahli, dan bantuan pendidikan (beasiwa) bagi masyarakat yang tidak mampu. Sehingga semua lapisan masyarakat dapat melaksanakan pendidikan yang layak, yang mampu menunjang kehidupan di masa depan. Tidak hanya pemerintah tetapi masyarakat dan juga semua warga negara Indonesia ikut berperan untuk memajukan pendidikan di Indonesia ini. Seperti orang tua yang harus memperhatikan pendidikan anak-anaknya supaya masa depan untuk pendidikan terjamin utuh dan baik.





Komentar

Postingan Populer