SOEKARNO






                                               

         Kusno adalah nama kecil dari Soekarno Yang berarti kesatria.
 Bp dari pak Soekarno mengubah nama kusno menjadi soekarno karena pada masa kecil pak soekarno sering sakit-sakitan. Tujuan mengganti nama itu supaya berani gagah seperti kesatria.  Buktinya ketika menjelang dewasa soekarno berani melamar seorang gadis yang berdarah luar. Jelas itu berbanding terbalik dengan kehidupan soekarno yang asli pribumi. Suatu hari soekarno ikut ayahnya berpidato tentang penderitaan rakyat indonesia. Dari pidato tersebut soekarno mendengar bahwa rakyat indonesia dijajah oleh bangsa lain dan sangat sengsara.
        Waktu berlalu, soekarno beranjak dewasa dan menjadi pemimpin
 Untuk rakyatnya. Soekarno berpidato di depan umum, memberikan semangat kepada masyarakat untuk bebas dari kaum penjajah. Mereka sudah dijajah sangatlah lama dan mereka sangat merindukan kemerdekaan. Tak disangka ketika soekarno berpidato di depan umum tiba-tiba ada beberapa orang yang menangkapnya dan soekarno di tahan di Bandung.
          Isti soekarno sangat kaget atas berita itu. Istri soekarno berusaha
Membebaskan ia dengan meminta bantuan dan dukungan dari orang-orang terdekat khususnya kepada masyarakat indonesia. Ketika sidang berlangsung soekarno memberikanbeberapa pembelaan untuk dirinya, tapi hakim tetap tidak menerimanya dan akhirnya soekarno ditahan selama 4 tahun lamanya meninggalkan istri beserta anak-anak tercintanya.
           Setelah bebas dari penjara soekarno melanjutkan perjuangannya
Untuk kemerdekaan indonesia dengan pergi ke daerah padang tepatnya di pulau sumatra, soekarno pernah menjadi seorang guru di sekolah Muhamadiyah dan disitu pula awal pertemuannya dengan ibu Fatmawati. Dulu ibu fatmawati adalah murid yang pernah diajar oleh soekarno, dan semakin berjalannya waktu soekarno mulai mencintai fatmawati karna kepintaran dan kecantikan yang dimilikinya. Dan sebaliknya, fatmawati juga menyukai soekarno karena ketampanan dan kepintarannya menjadi seorang pemimpin. Singkat cerita, soekarno dan fatmawati menikah dan dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Guntur soekarno putra. Selama menjadi pemimpin soekarno banyak mengalami ancaman dan guncangan batin maupun lahir.
         Pernah suatu ketika pada malam hari, soekarno dilempar sebuah
Batu yang dibungkus kertas dengan bertuliskan PEMBUNUH dan PENGHIANAT. Sebab beliau merelakan anak perempuan yang masih bgadis menjadi wanita penghibur untukpara penjajah jepang, dan beliau melihat secara langsung bagaimana rakyat indonesia dijadikan budak untuk bekerja paksa tanpa diberi upah(Romusha). Banyak diantara pekerja itu yang meninggal dunia karena kelelahan dan soekarno tidak mampu berbuat apa-apa.
         Soekarno sangat geram atas perilaku jepang kepada rakyatnya.
Pada tanggal 6 dan 9 agustus jepang di bom atom oleh sekutu yaitu amerika serikat, yaitu didaerah Hiroshima dan Nagasaki. Warga masyarakat yang tinggal didaerah itu banyak yang meninggal dunia dan porak poranda. Atas kejadian itu jepang mengalami kekalahan dan justru musibah itu membawa keberuntungan untuk bangsa indonesia.
           Karena, indonesia berkesempatan  untuk bebas dari penjajahan
Jepang. Setelah itu, soekarno dan hatta langsung berunding tentang kemerdekaan indonesia. Mereka menyusun teks proklamasi dan ibu fatmawati menjahit bendera merah polongan utih. Teks proklamasi sudah selesai disusun. Tidak disangka ada beberapa golongan muda yang memberontak agar proklamasi kemerdekaan indonesia segera diumumkan pada malam itu juga. Tapi soekarno dan hatta tidak ingin gegabah dalam memproklamasikannya karena yang ditakutkan jepang masih akan masuk ke indonesia.  
          Hasilnya soekarno hatta diculik oleh beberapa orang yang tidak
Dikenal, mereka dibawa kedaerah jawa barat tepatnya di karawang dan tempat tersebut bernama rengas dengklok. Tujuan para pemuda menculik soekarno hatta adalah untuk segera  memproklamasikan kemerdekaan indonesia. Setelah semalam ditahan akhirnya soekarno hatta dikembalikan ke jakarta dengan keadaan selamat. Dan paginya pada tanggal 17 agustus 1945 pukul 10:00 wib. Presiden soekarno hatta dan didampingi oleh ibu fatmawati memproklamasikan kemerdekaan indonesia bahwa indonesia sudah merdeka dengan isi proklamasi sebagai berikut .”Kami bangsa indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan indonesia . hal-hal mengenai pemindahan kekuasaaan d.l.l., diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnny.” Yang ditanda tangani oleh soekarno dan hatta.
              Akhirnya, semua masyarakat indonesia bersuka cita atas
Kemerdekaan indonesia, dan mereka bersatu padu membela tanah air indonesia dan semoga sampai kapanpun indonesia akan menjadi negara yang maju dan jaya.

Komentar

Postingan Populer