SUARA PENERUS BANGSA KIAN MENGGLEGAR



Oleh:Fidhotur Rofiah/3D PBSI/15410162

Tanggal 28 Oktober adalah hari di mana bangsa Indonesia mengalami sejarah yang akan membawa perubahan untuk negara kita tercinta ini. Jika kita mengingat pada tanggal 28 Oktober tahun 1945 di mana hari tersebut banyak sekali para pemuda pemudi yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Banyak dari mereka menyuarakan untuk bersumpah bersatu dalam bahasa, bangsa dan bertumpah darah Indonesia. Mereka rela menumpahkan daranya untuk kemerdekaan Indonesia. Semangat mereka patut dicontoh untuk generasi muda.

Biasanya hari sumpah pemuda identik dengan orasi atau hal lain yang berhubungan dengan hari pemuda. Tiidak terkecuali di Universitas PGRI Semarang yang kemarin mengadakan Orasi hari sumpah pemuda. Beberapa mahasiswa ikut meramaikan acara tersebut dengan membacakan orasi-orasi mereka tentang para pahlawan. Meskipun hanya sebentar dalam penyampaian orasi tapi semua mahasiswa sangat mengapresiasi karena mereka benar-benar menghayati dengan sepenuh hati bahwa hari sumpah pemuda adalah hari yang sangat luar biasa bagi Indonesia.

Kenapa tidak?
Para pemuda dan pemudi bertekad dan bersatu untuk mendapatkan hak-hak mereka sebagai warga Indonesia. Pemuda adalah penerus bangsa yang kelak akan menggantikan para pemimpin sekarang ini. Mereka rela mengorbankan segenap jiwa dan raga yang mereka miliki untuk Indonesia. Tidaklah mudah untuk memperjuangkan hak mereka. Tetapi berkat perjuangan mereka dan semangat mereka untuk mengsejahterakan para kaum muda akhirnya terjadilah sebuah kesepakatan bersama yang dikenal dengan sumpah pemuda.

Jika kita mengingat pada sejarah dahulu sebelum terjadi sumpah pemuda banyak rintangan yang harus dilalu diantaranya ketika para kaum muda memililiki pemikiran berbeda dengan kaum tua. Saat itulah para pemuda memberanikan diri untuk mengambil keputusan yang besar.

Meskipun di Indonesia memilikk banyak suku, budaya, dan berbeda keyakinan tetapi mereka bersatu. Mereka menganggap bahwa mereka adalah saudara yang sudah sepantasnya saling bersama dan mendukung satu sama lain untuk kemerdekaan Indonesia. Para pemuda dan pemudi dari sabang sampai merauke berkumpul menjadi satu untuk memproklamirkan tentang kesatuan mereka. Bahwa tidak ada perbedaan diantara mereka karena mereka adalah satu.


Bagi para penerus bangsa diharapkan dalam setiap perayaan hari sumpah pemuda mereka memilikk semangat dan rasa nadionalisme terhadap negara sendiri. Sehingga mereka mampu meneruskan perjuangan dan dapat menjadikan nrgara ini lebih baik di mata dunia. tidak hanya untuk pemuda saja tetapi untuk semua masyarakat indonedia dari berbagai kalangan.

Berbicara tentang hari sumpah pemuda mengingatkan kita akan para pemuda dan pemudi yang berprestasi. Kemarin di Universitas PGRI Semarang banyak mahasiswa yang ikut meramaikan. Mahasiswa dari progdi-progdi lain pun ikut menyuarakan hari sumpah pemuda itu. Diantara isi dari sumpah pemuda itu ialah bahwa mereka akan memperjuangkan tanah air Indonesia sampai kapan pun. Karena mereka menganggap Indonesia adalah bagian dari hidup mereka

Kemudian mereka juga menyatakan bahwa bahasa persatuan mereka adalah bahasa Indonesia. Ya memang, di Indonesia banyak budaya yang dimiliki hal itulah yang menyebabkan perbedaan diantara mereka. Tapi mereka dapat disatukan dengan bahasa resmi kita yaitu bahasa Indonesia. Bagaimana tidak, meski kita berbeda tapi rasa persatuan kita tetap ada. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan kultur sehingga Indonesia mampu dikenal oleh masyarakat luas hingga seluruh dunia. Tak terlebih untuk warganya sendiri.

Dari kalangan mahasiswa maupun pelajar seharusnya dapat memaknai setiap kata yang ada dalam sumpah pemuda. Isi yang terkandung di dalamnya adalah mencerminkan bagaimana mereka dapat bersatu dalam perbedaan. Mereka menganggap bahwa perbedaan bukanlah segalanya. Mereka akan tetap bersatu sampai kapan pun untuk Indonesia. Jadi sudah sepantasnya jika kita sebagai pemuda dan pemudi penerus bangsa bergabung menjadi satu demi negara kita tercinta ini negeri Indonesia.

Jika kita melihat setiap memperingati hari sumpah pemuda biasanya para pelajar melakukan upacara hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mengenang perjuangan Indonesia. Bukan hanya pahlawan saja yang cukup untuk dikenang, tpi masih banyak lagi hari peringatan yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia. Tidak bamyak orang yang tahu tentang sejarah dari sumpah pemuda. Oleh karena itu mulai dari sekarang marilah kita bersama-sama belajar untuk menjadi pemuda dan pemudi yang kuat, berani, dan pantang menyerah untuk menghadapi kemajuan zaman.

Pertama yang harus kita lakukan adalah membenahi diri untuk menyadari apakah kita sudah menjadi pemuda pemudi yang baik sebagaimana mestinya,. Sudahkah kita mencontoh perjuangan mereka yang terdahulu untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi. Tapi dengan semangat yang tinggi kita pasti bisa meneruskan perjuangan mereka. Asalkan kita selalu bersama-sama dan melangkah bersama untuk menepati janji yang sudah dibuat oleh pemuda pemudi terdahulu.

Komentar

Postingan Populer