PENULISAN KREATIF



Setiap orang dalam proses berkomunikasi tentu menggunakan sarana sebagai perantara mengutakarakan gagasan dan idenya. Dalam menyampaikan pesan tersebut media yang digunakan adalah bahasa. Sedangkan bahasa memiliki banyak ragam ada bahasa tulis dan bahasa lisan. Bahasa lisan digunakan oleh setiap orang untuk menyampaikan maksud secara langsung tanpa menggunakan prantara apapun. Contoh mudahnya yaitu kegiatan jual beli di pasar antara penjual dan pembeli. Kegiatan seperti itu hampir saja dapat kita jumpai dikehidupan seharai-hari.

Sedangkan media tulis adalah salah satu media bahasa yang digunakan seseorang dengan menggunakan bentuk tulisan tidak lagi diungkapkan secara langsung. Banyak orang yang berpendapat bahwa menyampaikan pesan dengan tulisan lebih mudah karena kita dapat dengan bebas menulis apa saja yang hendak disampaikan tanpa rasa malu apabila itu bersifat rahasia. Tetapi tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa kegiatan menulis itu merupakan kegiatan yang sulit karena seseorang yang hendak menulis perlu memikirkan beberapa pilihan kata yang baik dan bagus. Tujuannya adalah agar orang membaca tulisan tersebut lebih mudah untuk memahaminya.
Dari beberapa tulisan yang pernah kita baca tentu saja kita pernah menemukan bacaan yang bagus, mudah dipahami isinya, enak untuk dibaca tanpa menimbulkan rasa bosan, dan lain sebagainya. Hal yang paling membuat seseorang malas untuk menulis salah satunya yaitu masih merasa bingung apa yang akan dituliskan. Banyak pertanyaan yang muncul dalam benak bagaimana jika tulisan yang dibuat nanti jelek, tidak ada yang mau membaca. Tentu saja pemikiran tersebut menjadi momok menakutkan bagi pemula untuk menulis suatu karya. Diperlukan mental dan daya pikir yang kuat untuk menciptakan atau menulis sebuah karya agar seseorang yang menikmatinya merasa puas dan tentu saja tidak menimbulkan keraguan yang tinggi.
Kegiatan menulis jika ditekuni dan dipelajari secara sungguh-sungguh akan memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain. Contohnya saja banyak kita temukan pula buku-buku karangan dari profesor maupun doktor yang membahas tentang ilmu pendidinkan yang sangat penting. Tentu buku-buku yang dibuat dan ditulis tersebut memiliki tujuannya sendiri yaitu untuk membantu seseorang terutama untuk kalangan mahasiswa dalam menempuh pendidikan. Selain buku tentang ilmu pengetahuan buku lain yang juga membawa manfaat adalah novel, kumpulan esai, dan lain sebagainya.
Untuk menulis atau menanggapi sesuatu terlebih dahulu harus melakukan beberapa hal agar nantinya tidak menimbulkan rasa bingung dalam menulis sesuatu. Berikut ini adalah beberapa cara dalam menanggapi sebuah tulisan:
a.  Membaca dengan teliti pada setiap kata yang dituliskan;
b.  Memahami dengan intensif isi bacaan yang ada dengan saksama;
c.   Mengulang bacaan dari awal sampai akhir jika itu diperlukan, tujuannya adalah untuk lebih memahami dan menyakinkan isi bacaan agar tidak menimbulkan keraguan dalam mengartikan kata.
d.  Membuat ringkasan yang penting dengan menuliskan beberapa poin yang diperlukan saja;
e.  Mulai menulis tentang apa atau tanggapan yang menurut anda itu penting untuk ditanggapi.

Dari beberapa poin di atas yang sudah dipaparkan bahwa dalam menulis suatu tanggapan itu memang membutuhkan beberapa langkah. Tujuannya adalah untuk memudahkan penulis apabila lupa dengan isi dari bacaan. Banyak membaca akan menambah pengetahuan tentang informasi baru baik itu berita yang sudah terjadi, yang sedang terjadi, sampai dengan berita yang akan terjadi. Menulis tidak memerlukan banyak berpikir karena apabila terlalu banyak berpikir akan mengurangi waktu dan gagasan yang hendak ditulis tidak kunjung tersampaikan. Alangkah lebih baik apabila sudah memiliki ide dan gagasan langsung ditulis tanpa harus berpikir lama-lama.
Langkah membuat sebuah tulisan yang baik salah satu caranya adalah dengan banyak melakukan membaca. Kegiatan membaca tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja membaca majalah, kumpulan esai, koran, bahkan berita di sosial media juga dapat dijadikan referensi untuk menulis. Karena pada dasarnya kegiatan menulis membutuhkan imajinasi yang sangat kuat. Tulisan yang baik tidak akan menimbulkan kebosanan terhadap pembaca. Apalagi jika tulisan tersebut dilengkapi dengan beberapa gambar yang mendukung. Sehingga hal tersebut akan menjadi nilai plus tersendiri bagi seorang penulis. Untuk mendapatkan hati seorang pembaca terutama bagi mereka yang benar-benar memahami tentang tulisan. Akan banyak kritik yang bermunculan nantinya dan itu sudah pasti. Oleh karena itu, bagi seorang penulis kritik dan komentar akan tetap muncul. Bahkan jika kita dapat menanggapi dengan positif akan menjadi fariasi tersendiri untuk mengalaman penulis dalam menciptakan suatu karya.
Beberapa tips lain untuk menulis yang baik yaitu berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi dikehidupan atau dilalui oleh penulis itu sendiri. Karena penulis akan benar-benar merasakan serta mengkhayati dalam setiap proses pembuatan karya. Dalam sebuah penulisan tentu ada yang dibahas atau topik yang dibicaran. Tema akan mempengarauhi isi yang dituliskan sehingga indah atau tidaknya juga bergantung dari tema yang dipilih. Perlu pertimbangan yang cukup lama untuk menentukan tema yang akan ditulis karena juga mempengaruhi usia bagi pembaca nantinya. Tidaklah mungkin seorang penulis akan membuat karya tentang sastra remaja tetapi yang membaca kalangan anak sekolah dasar. Tentu saja itu akan sangat memberatkan.
Dalam kegiatan menulis tentu saja kita juga memperhatikan beberapa aspek atau subjek yang dituju. Misalnya saja menulis tentang tanggapan terhadap sebuah karya entah itu dari koran, internet, maupun yang lainnya. Bahasa yang digunakan juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena bahasa yang baik dan benar menjadi patokan penulisan yang sesuai dengan aturan yang sudah disepakati bersama. Bahasa yang baik diutamakan adalah bahasa yang sopan atau tidak menimbulkan kesalahpahaman terutama tidak menyindir pada kalangan tertentu. Jika tulisan menyinggung kalangan tertentu maka akan mendapatkan tindak lanjut yang sesuai dengan aturan yang ada.
Sehingga dalam kegiatan menulis hendaknya kita benar-benar memperhatikan hal atau peraturan yang sudah ada. Jangan sampai karena tulisan kita menyinggung orang lain dapat menghancurkan segala sesuatu yang telah dibuat sebelumnya. Intinya dalam menulis adalah menguatkan rasa percaya diri dan sikap jujur terhadap karya sendiri. Jangan pernah takut dengan haasil yang buruk karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna. Manusia hanya bisa berusaha dan berlatih terus menerus untuk mendapatkan yang terbaik tanpa menggunakan cara yang buruk.


...SEKIAN...



Komentar

Postingan Populer