PRO DAN KONTRA UJIAN NASIONAL



Menurut pendapat saya, apabila UN jadi dihapuskan atau ditiadakan maka akan menyulitkan bagi pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan. karena Ujian Nasional diselenggarakan dengan tujuan untuk mengasah kemampuan siswa dalam bidang akademik yang selama beberapa tahun telah ditempuh. Seperti yang kita tahu, Ujian Nasional tidak hanya menentukan kelulusan saya tetapi juga sebagai pengukur tingkat kualitas suatu lembaga pendidikan yang ada di Indonesi. 
Selain itu adanya Ujian Nasional bertujuan untuk memaksa para siswa agar belajar bersungguh-sungguh. Setiap tahun pemerintah akan mengetahui berapa banyak iswa yang lulus dan tidak lulus dalam UN terutama pada hasil atau nilai yang didapat. dengan begitu, lembaga pendidikan akan mengetahui sudah sejauh mana perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia. Selanjutnya akan dievaluasi dan diperbaiki ditahun mendatang.
Meskipun dalam pelaksanaan UN sering ditemukan kasus kecurangan. Menurut saya hal semacam itu memang sangat disayangkan, bagaimana tidak? Ujian Nasional yang seharusnya menjadi salah satu praktik dalam mengembangkan sikap karakter yaitu kejujuran justru disalahgunakan. Oleh karena itu,UN jangan dijadikan sebagai tolak ukur nilai 100% untuk menentukan kelulusan, tetapi juga nilai karakter yang diterapkan dalam keseharian terutama di lingkungan sekolah.
Untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak baik orangtua, guru, siswa, dan pemerintah itu sendiri. Semoga UN akan tetap ada dan mejadi semangat tersendiri bagi para siswa untuk belajar dan menjadi yang terbaik.

Komentar

Postingan Populer